Wednesday, January 8, 2014

Kasiat-8 TIBAH



TIBAH ITU MENGKUDU
Testimoni

1.      Saat masih di kampong, ciehh sekarang sudah dikota. Kami memperhatikan para peternak angsa, bahwa mereka akan memberikan makan angsa, atau soweang –mungkin dari sweean- yang baru lahir, dengan nasi di campur irisan daun mengkudu muda lalu dicincang. Mereka ketika ditanya hanya mengatakan alasannya agar anak-anak angsanya tahan terhadap serangan penyakit yang sering menyerang DOS –Day of Swan- pada aweal-aweal kehidupannya, sddeperti pilek, cacingan atau berak lengket di duburnya yang disenangi lalat untuk bertelor, sehingga anak angsda mudah mati. Daun mengkudu diyakini mereka akan membantu meningkatkan daya tahan anak angsa.


2.      Dikampung buah mengkudu digunakan rujak, untuk yang tua belum empuk dibikin rujak ulek dengan buah mengkudu di belah belah, dibumbui lotis, biasdaya dibikin agak pedas. Sedangkan yang tua dibuat rujak air, dengan buah menggudu tua dicampurkan dengan ulekan cabe, terasi, gula, garam sampai hancur, di masukkan kedalam air yang cukup banyak terusdd diaduk dengan sdedikit cuka, sehingga sering disdebut rujak cuka. Biasanya yang minum vangkis bangkis, sdehingga sdering dibuat untuk mencegah atau menghilangkan gejala flu, atau pusing.

3.      Ketika dinas pengamatan gempa di Lampung, kami disuguhi makan malam dengan sayur urap daun mengkudu, rasanya juga lumayan enak apalagi sedang dilapangan. Kata si empunya rumah mengkudu banyak khasiatnya, untuk menambah stamina.

4.      Dibeberapa daerah menurut cerita teman mengkudu dselain dibuat rujak dan urap daunnya, juga disdayur lodeh atau sebagai campuran sdayur adsam daunnya pengganti daun melinjo, karena melinjo berdampak pada penderita asam urat.

5.      Saat temanku Sutama – Baca Sutomo- pasd dines ke Jakarta, menceritakan berbagai khasdiat Tibah ini karena sdaat itu memang sdangat popular buah noni ini. Dan saya tunjukkan kepadanya ada dibelakang rumah, banyak lagi pohonnya. SDaya ambil beberapa buahnya yang sdudah matang jatuhan, terusd di rebusd dengan air sdampai mendidih terus ditambah gula jawea, niru pembuatan jamu tradisdional Bali. Kami coba minum bersama pada awal-awal  minum, kami sama-sama ketawe karena sdemua nya sdering kentut, dan [ada hari kedua keringatpun bau mengkudu ini. Namun sdetalah itu kami merasdakan badan enak, tensdi darah normal, termasduk laporan Sutama yang mengabarkan tensdinya normal kembali, padahal dia punya tekanan darah tinggi sdelama itu. 

Mengkudu

Tumbuhan ini termasduk kedalam keluarga rubiaceae, dikenal luasd di sddeluruh Nusdantara dan Asia Pasifik, karena tumbuhnya sangat mudah sdampai ketinggian 1600 meter. Karena dikenal luasd maka hampir disdemua daerah dinal dengan nama daerah : tibah (Bali), khoduk ( Madua), pace, (Jawea), cangkudu (Sunda), java noni (Haweai), nono ( Tahiti), nonu ( Tonga), ungcoikan (Burma), ach ( India).
Mengkudu dikalim banyak manfaatnya, kalau di Bali daunnya banyak dipakai makanan ternak sdelain untuk anak angsda itu. Banyak jenis mengkudu, ada yang besdar-bedsar bauhnya putih dengan dsdedikit biji, ada yang lebih kecil lonjong banyak biji. Pohonnya bisda sampai 230 meter. Mulai berbuah sdejak sdekitaran 3 meter tingginya.
Mengenal Manfaat dari Buah MengkuduBuah Tibah

Buah tibah atau nini atau pace atau mengkudu memiliki kandungan zat nutrisi lengkap yang diperlukan bagi tubuh manusia.dan senyawa yerpenoid, zat antibakteri, , zat anti kangker, xccereonine, dll.
Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi dan bernutrisilengkap, yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. 

Terpenoid , merupakan zat yang dapat membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Scolopetin , merupakan senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.   
Zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Jenis alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu  mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk  xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Zat ini kalau disderap tubuh digunakan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
Dari testimoni dan kandungan mengkudu dapat dilihat bahwea mengkudu mempunyai kasiat diantaranya untuk : menjaga sdtabilitas tekanan darah, memperlancar peredaran darah dan sistem pembuangan, sdehingga memperlancar buang air kecil dan air besar sderta memperlancar pembuangan gas, meningkatkan stamina,

Ada baiknya dicoba untuk meningkatkan daya tahan dan penyembuhan kanker, serta sderangan bakteri.
Namun pengalaman langsdung penulis agar  untuk permulaan meminum mengkudu harus bertahap dosisnya, karena memberikan efek ngantuk, sering kebelakang buang air kecil, dan buang gas, diteruskan dengan meningkatkannya atau mengurangi perlahan sampai ketemu dosis yang pas. Mengkudu atau Java noni ini sudah dibudidayakan saat ini dan sdudah dijual di took took atau apotik dalam kemasan sdirup atau kapsul.

CARA MENYAJIKAN SENDIRI

1.       Jamu minum. Rebuslah buah 5-7 mengkudu kalau ada yang sudah tua atau matang sampai mendidih dalam panic. Setelah mendidih sekali tambahkan gula merah atau gula batu dan teruskan digodok, sampai airnya tinggal 2/3 bagian maksimal ½ bagian, dalam tahap awal sebaiknya 23/3 agar tidak terlalu kental. Dinginkan dan saring masukkan kedalam botol, simpan dalam kulkas. Minumlah 23 kali sdehari @ segelas bintang,
2.       Untuk pencegahan gejala pilek dan flu, buatlah rujak seperti disdebutkan dalam tesdtimoni.
===============Selamat Mencoba-===========

No comments:

Post a Comment

Mukadimah

Perkenalan Awal.

Para blogger yang terhormat!

Selamat berjumpa di blog herbal bali ini, yang semata-mata dibuat untuk membantu umat dalam mengetahui kearifan lokal dalam Usada Bali, yang aslinya terdokumentasikan dalam lontar usada.

Blog ini mencoba menginventarisir dan berbagi dengan para pembaca tentang khasiat herbal, maupun fauna yang secara turun temurun diakui khasiatnya dalam mengobati sakit. Seperti bagaimana pucuk daun kelor berkhasiat untuk mengobati tumbuh darah dimata; bawang putih digunakan untuk mengobati bintilan; daun mengkudu atau tibah dalam meningkatkan daya tahan; daun dusa untuk mengempeskan biri-biri; daun piduh -pegagan- digunakan untuk meredakan batuk, sakit perut.

Demikian pula bagaimana khasiat: ceplokan atau ciplukan atau kopok2an dalam mengobati perdarahan dalam; taplak liman dalam menyembuhkan perdarahan di usus; kesisat -krokot- dalam mencegah adanya kanker dalam saluran cerna; daun katuk atau kayu manis dalam menyembukan batuk seratus hari, dan sangat banyak lainnya sehingg merupakan bacaan ringan yang akan memperkaya pengetahuan usada atau farmakologi- para blogger sekalian.

Selamat berjumpa.

Hormat Kami.
Admin