Wednesday, October 14, 2015

Kasiat 35: Kunir Putih untuk mencegah kanker, dan menyehatkan badan



KUNIR PUTIH

Rimpang Kunir Putih (google.com)

Testimoni

1.       Beberapa kali teman di Sawahan Nganjuk, memberikan oleh-oleh serbuk herbal dalam plastic yang siap diseduh untuk diseduh dijadikan minuman segar, menghangatkan, menyehatkan badan seperti : secang, kunir putih, kunyit asem, kunyit  putih, kunyit sirih dll.  Kebetulan dirumah semuanya laku-laki sehingga yang laku hanya serbuk secang, karena diseduh dengan air panas akan sangat segar dinikmati, malam-malam sambil ngobrol. Serbuk lainnya disimpan begitu saja di lemari.
2.       Sejak teman wanita anak-anak banyak yang main kerumah, rupanya beberapa dari mereka melihat bungkusan-bungkusan serbuk herbal tersebut, walau mereka sebagian besar tenaga medis tapi semuanya pada memilih stok yang ada, bahkan beberapa diantaranya menanyakan kunir putih, kunyit asem maupun kunyit sirih. Semua katanya mereka gunakan. Kunir putih mereka bilang untuk ibi-ibu mencegah kanker yangs angat ditakuti kengker servik dan kangker payudara.
3.       Kunyit asem dan kunyit sirih banyak mereka gunakan saat menjelang dan datang bulan. Wah laris manis berguna dan banyak sekali yang senang, bahkan mereka menanyakannya lagi saat stok habis.
4.      Menurut mereka antara kunyit dan kunir katanya benda maupun kasiatnya. Setelah mencari beberapa rujukan dan membaca ensiklopedia herbal ternyata benar berbeda.

Kunir Putih
Dinyatakan sebagai tumbuhan asli Asia Tengara Curcuma Zedoaria,  Curcuma Alba L, Curcuma Manga Val. Dari sini kemudian menyeberang menyebar ke Indonesia, Australia, India sampai ke Afrika. Ciri-ciri rimpang kunir putih : (1) - Warna yang dimiliki kunir putih ini adalah cream/ kuning muda; (2)- Warna tidak akan berubah walaupun dijadikan menjadi ekstrak. (3) - Hanya tumbuh di daerah yang memiliki hawa dingin. (4) Bintik yang dimiliki kunir putih seperti umbi jahe. Dan (5) Jika kunir putih  masih segar, memiliki bau hampir seperti mangga kweni.
Kandungan Kunir Putih. Kunir putih terutama mengandung senyawa : kurkuminoid yang secara detil teridiri dari kurkumin, bosdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumein, sabinen, felander, dan borneol., disamping tentunya  mengandung lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, mineral, minyak atsiri, pati, serat alami, zat besi, kalsium dan juga fosfor.
Hasil Penelitian Imiah menunjukkan bahwa: berbagai  jenis kunir putih mangga atau curcuma mangga memiliki efek farmakologis terhadap sel kanker (Institusi Kanker Amerika).   Kunir putih memiliki beberapa khasiat. Khasiat utama yang diketagui terakhir  kunir putih adalah dapat dijadikan sebagai obat herbal menekan pertumbuhan sel kanker.
 Beberapa kasiat lainnya: untuk mengobati maag, menambah nafsau makan.

Cara Pemakainnya;
1.       Karena sudah banyak yang memproduksinya, agar tidak kelitu dengan kunyit putih, maka dapat dibeli yang sudah berupa serbuk atau kapsul, yang sudah siap konsumsi. Di daerah Jawa Tengah selatan dan Jawa Timur banyak yang menjual serbuknya;
2.       Dapat juga dibuat loloh, atau jamu mentah atau di rebus. Tumbuk rimpang kunir putih, haluskan tambahkan air bersih yang sudah matang atau kemasan, dan saring. Kekentalannya disesuaikan dengan selera, semakin kental semakin sedikit dosisnya. Minum mulai dengan @ 1 gelas sehari pagi hari. Kalau sudah terbisas minun 2 kali sehari @ satu gelas bintang. Untuk menjaga kesehatan dan menjaga nafsu makan bisa diminum secara rutin, tiap tiga hari sekali, tergantung keperluan.

Puri Gading, medio Oktober 2015

1 comment:

Mukadimah

Perkenalan Awal.

Para blogger yang terhormat!

Selamat berjumpa di blog herbal bali ini, yang semata-mata dibuat untuk membantu umat dalam mengetahui kearifan lokal dalam Usada Bali, yang aslinya terdokumentasikan dalam lontar usada.

Blog ini mencoba menginventarisir dan berbagi dengan para pembaca tentang khasiat herbal, maupun fauna yang secara turun temurun diakui khasiatnya dalam mengobati sakit. Seperti bagaimana pucuk daun kelor berkhasiat untuk mengobati tumbuh darah dimata; bawang putih digunakan untuk mengobati bintilan; daun mengkudu atau tibah dalam meningkatkan daya tahan; daun dusa untuk mengempeskan biri-biri; daun piduh -pegagan- digunakan untuk meredakan batuk, sakit perut.

Demikian pula bagaimana khasiat: ceplokan atau ciplukan atau kopok2an dalam mengobati perdarahan dalam; taplak liman dalam menyembuhkan perdarahan di usus; kesisat -krokot- dalam mencegah adanya kanker dalam saluran cerna; daun katuk atau kayu manis dalam menyembukan batuk seratus hari, dan sangat banyak lainnya sehingg merupakan bacaan ringan yang akan memperkaya pengetahuan usada atau farmakologi- para blogger sekalian.

Selamat berjumpa.

Hormat Kami.
Admin