Thursday, February 13, 2014

Kasiat-12-KERSEN

"KERSEN"

Muntingia calabura L
Buah ini Muntingia calabura L sangat mudah tumbuh, bahkan terkesan tumbuh liar dipinggiran jalan atau di tanah kosong, karena bentuk dahan dan daunnya baik untuk peneduh. Karena batangnya tidak begitu besar menjadikannya disenangi anak-anak untuk memanjat pohon.


Jenis pohon ini juga dikenal dengan berbagai nama tergantung daerahnya; di Bali dikenal dengan pohon singapur, ditempat lain dikenal dengan nama: talok, kersen, seri. Di Filipina disebut dengan datiles, di Malaysia disebut kerukup siam. Di Inggris disebut Singapore cherry, di Belanda dengan Japanse kers .

Di Srilangka buah kersen biasa diawetkan dan dibuat selai. Di Mexico buah ini sangat digemari bahkan dijual dipasar dalam jumlah yang cukup melimpah. Di kawasan Asia Tenggara, kersen digunakan sebagai pohon peneduh pinggir jalan. Pohon ini sangat mudah tumbuh sehingga mudah dijumpai dipinggir jalan, di halaman rumah atau di tegalan, karena penyebarannya dibawa burung, karena burung sangat senang dengan buah kersen ini.

Penelitian terhadap buah ini telah dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu: Nugrahini Dwi dan Maya Istikhomah, dari Fakultas Pendidikan MIPA yang meneliti buah kersen untuk mengetahui kandungan gizinya dan berhasil membuat produk olahan kersen berupa sirup sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai guna dari buah kersen.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kandungan gizi buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Mereka bandingkan sebagai berikut : kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg; kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

Manfaat Buah Kersen

  1. Secara tradisional, dibeberapa daerah  buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Disarankan dipilih buah yang sudah tua atau sudah berwarna merah.
  2. Dapat juga digunakan rebusan daun kersen juga memiliki khasiat yang sama yaitu anti radang, dan menurunkan panas.
  3. Hasil penenlitian mahasiswa UNY ini menyatakan bahwa:kandungan dari rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya, dapat digunakan sebagai anti septik.

Catatan : karena pohon kersen umumnya terdapat di daerah yang gersang pinggir jalan dan sering ada ulatnya, maka dianjurkan untuk lebih memperhatikan kebersihan buah ataupun daun sebelum digunakan agar tujuan pemanfaatannya mendatangkan hasil yang optimal, dan tidak menimbulkan hal-hal lain terkait kebersihan.

2 comments:

  1. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line


    ReplyDelete
  2. nice information http://jellygamat-qnc.xyz | http://umpanpancingessen.com | http://obatbekaslukadikulit.xyz

    ReplyDelete

Mukadimah

Perkenalan Awal.

Para blogger yang terhormat!

Selamat berjumpa di blog herbal bali ini, yang semata-mata dibuat untuk membantu umat dalam mengetahui kearifan lokal dalam Usada Bali, yang aslinya terdokumentasikan dalam lontar usada.

Blog ini mencoba menginventarisir dan berbagi dengan para pembaca tentang khasiat herbal, maupun fauna yang secara turun temurun diakui khasiatnya dalam mengobati sakit. Seperti bagaimana pucuk daun kelor berkhasiat untuk mengobati tumbuh darah dimata; bawang putih digunakan untuk mengobati bintilan; daun mengkudu atau tibah dalam meningkatkan daya tahan; daun dusa untuk mengempeskan biri-biri; daun piduh -pegagan- digunakan untuk meredakan batuk, sakit perut.

Demikian pula bagaimana khasiat: ceplokan atau ciplukan atau kopok2an dalam mengobati perdarahan dalam; taplak liman dalam menyembuhkan perdarahan di usus; kesisat -krokot- dalam mencegah adanya kanker dalam saluran cerna; daun katuk atau kayu manis dalam menyembukan batuk seratus hari, dan sangat banyak lainnya sehingg merupakan bacaan ringan yang akan memperkaya pengetahuan usada atau farmakologi- para blogger sekalian.

Selamat berjumpa.

Hormat Kami.
Admin