Sunday, January 18, 2015

Kasiat -31 :Puring Sang Pelancar Saluran mampet



“PURING”
Testimoni.

Add caption
       1.   Pohon puring di Bali dikenal dengan pohon plawa, banyak dipakai untuk melengkapi pembuatan janur untuk upacara –banten- sebagai plawa, sangat minim diketahui manfaatnya selain untuk plawa tersebut.
2.       Plawa belakangan dijadikan tanaman hias, karena daunnya yang berwarna warni, yang akan berubah warna sejalan dengan umur daun, biasanya dari kuning, berubah menjadi merah, hijau tua, atau kehitaman.
3.       Tanaman ini sangat tahan hidup, walau saat musim kemarau, diluar Bali tanaman ini dikenal dengan nama Puring.
4.       Dalam ensilopedia tanaman obat ini disebutkan mempunyai kasiat melancarkan system pembuangan, diantaranya adalah gangguan pada saluran kencing, saluran pencernaan.
5.       Dalam pengobatan tradisional Cina pohon ini dikenal, bermanfaat. Menurut farmako Cina 

Puring
Merupakan tanaman hias dengan nama codeaeum variegatum (L), Tanaman ini biasanya ditanam dengan disetek, tapi belakangan dengan kemajuan teknik pertanian sering direkayasa sehingga tumbuhnya barenga dan mudah. Tanaman ini termasuk keluarga Euphorbiaceae. Dalam keluarga tradisiobal pohon ini dijadikan pagar, di Bali dijadikan tanaman hias dan pagar untuk tempat suci. Tinggi pohon dapat mencapai 3 meteran, tergantung tanah tempatnya tumbuh, akan tetapi karena fungsinya sering di pangkas untuk variasi, atau seni sehingga tumbuh lebih banyak menyamping, tidak ke atas. Daunnya macam macam, sangat variatif dalam bentuk ataupun warna. Ada yang memanjabg seperti pita, ada yang berbentuk bulat telur, ada yang melebar karena variannya sangat banyak.
Warna bunganya  yang biasanya tumbuh dari ketiak daun berwarna warni tergantung warna daunnya, akan tetapi kebanyakan warna kuning, dapat berbuah . Kandungan tanaman ini belum banyak diteliti, tetapi dikenal mengandung tannin.
Puring dibeberapa daerah dikenal dengan nama plawa, silastom, susurite, dan nama lainnya di masing-masing daerah.
Tanaman ini berguna untuk :  masalah saluran kencing, seperti melancarkan kencing, penyakit saluran kencing pada anak-anak, bahkan dapat mengobati sifilis ( Abednego Bangun dalam Ensiklopedia tanaman Obat Indonesia). Masalah saluran pencernaan: mules perut, perut kembung, dan sembelit.

Cara Memakainya :
1.       Untuk obat luar pada mules, masuk angina maupun tidak lancer kencing, gunakan daun puring ditumbuk halus –boler- dicapur sedikirt daun adas, setelah halus tambahkan sedikit minyak kelapa dibalurkan pada perut, atau sekitar puser dengan. Kalau tidak kawatir kotot pakai sedikit air dalam menumbuk, tapi kalau mau kalis gunakan minyak kelapa.
2.       Untuk ramuan minum gunakan batang atau akar puring dibersihkan terus direbus sampai mendidih, setelah mendidih tambahkan sedikit  gula jawa atau gula batu –untuk mengurangi rasa pahit- lalu didihkan kembali, setelah mendidih dinginkan terus diminum. Sisanya disimpan dalam botol dan masukkan dalam kulkas. Kemudian minum kembali, 2 kali @ satu gelas bintang.
3.       Rebusan daun atau batang puring juga dapat dipakai untuk memperlancar keluarnya keringat.

Catatan : hati-hatai karena rasanya pahit, maka kekentalannya ungkin dapat disesuaikan agar tidak kaget.

 Puri Gading, 18 Januari 2015.


No comments:

Post a Comment

Mukadimah

Perkenalan Awal.

Para blogger yang terhormat!

Selamat berjumpa di blog herbal bali ini, yang semata-mata dibuat untuk membantu umat dalam mengetahui kearifan lokal dalam Usada Bali, yang aslinya terdokumentasikan dalam lontar usada.

Blog ini mencoba menginventarisir dan berbagi dengan para pembaca tentang khasiat herbal, maupun fauna yang secara turun temurun diakui khasiatnya dalam mengobati sakit. Seperti bagaimana pucuk daun kelor berkhasiat untuk mengobati tumbuh darah dimata; bawang putih digunakan untuk mengobati bintilan; daun mengkudu atau tibah dalam meningkatkan daya tahan; daun dusa untuk mengempeskan biri-biri; daun piduh -pegagan- digunakan untuk meredakan batuk, sakit perut.

Demikian pula bagaimana khasiat: ceplokan atau ciplukan atau kopok2an dalam mengobati perdarahan dalam; taplak liman dalam menyembuhkan perdarahan di usus; kesisat -krokot- dalam mencegah adanya kanker dalam saluran cerna; daun katuk atau kayu manis dalam menyembukan batuk seratus hari, dan sangat banyak lainnya sehingg merupakan bacaan ringan yang akan memperkaya pengetahuan usada atau farmakologi- para blogger sekalian.

Selamat berjumpa.

Hormat Kami.
Admin